What's time is it?

Minggu, 16 November 2008

ketemu raflessia

Warga Lingkungan Sukorojo, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Sabtu (15/11/2008) kembali menemukan bunga bangkai yang tumbuh di sekitar pinggir sungai di wilayah setempat.

Bunga yang dalam bahasa ilmiahnya dinamakan Raflesia Arnoldi ini memang kerap tumbuh di wilayah sekitar. Apalagi kalau sudah masuk musim hujan seperti sekarang ini. Tak ayal, keberadaan bungai bangkai ini jadi perhatian warga terutama dari luar Lingkungan Sukorojo yang penasaran ingin melihatnya.

Salah satu warga, Eko, menuturkan bunga bangkai ini biasanya tumbuh di pinggiran sungai tak jauh dari pemukiman warga.

"Bunga bangkai itu biasanya hanya tumbuh beberapa meter dari aliran sungai. Untuk menemukannnya, cukup dengan menghirup udara di sekitarnya. Jika terhirup aroma busuk layaknya bangkai maka bisa dipastikan bunga bangkai tumbuh tak jauh dari tempat itu," jelasnya.

Ukuran bunga bangkai yang tumbuh di wilayah itu memang tidak sebesar seperti di Sumatera atau luar Jawa. Tingginya hanya berkisar antara 20-40 sentimeter saja. Tumbuhnya pun tidak berkelompok

Sekali tumbuh biasanya antara 2-3 bunga secara terpisah,"? jelas Eko.?Umur tumbuh bunga bangkai ini juga tidak lama. Warga yang lain, Slamet, menuturkan, umur bunga bangkai yang tumbuh di tempat itu biasanya hanya berkisar 2-3 minggu saja.

Umur ini terhitung sejak munculnya tunas hingga bunga itu layu dan membusuk. Slamet mengatakan kalau awal musim hujan seperti sekarang ini, sebelum bunga yang satu layu, bunga lainnya sudah tumbuh lagi

Tidak ada komentar:

Pengikut